Wednesday, July 18, 2018

Kondisi Yang Memerlukan Resusitasi Bayi Baru Lahir


Saat dilahirkan, bayi akan langsung menjelang masa transisi untuk sanggup bernapas sendiri. Sayangnya, tidak seluruh bayi bisa mengikuti keadaan dengan baik. Apabila bayi mengalami situasi tersebut, maka resusitasi bayi baru lahir perlu dilaksanakan untuk membantu pernafasannya, hingga ia sanggup bernapas sendiri.


Secara umum, resusitasi jantung paru adalah teknik penanganan medis yang penting dilaksanakan dalam situasi darurat, dengan tujuan supaya sirkulasi darah konsisten terjaga dan oksigen konsisten beredar ke seluruh tubuh. Teknik ini umum dilaksanakan pada orang yang mengalami gangguan pernapasan, atau henti jantung, termasuk bagi bayi baru lahir yang mengalami persoalan tersebut.

Kapan Resusitasi Bayi Baru Lahir Perlu Dijalankan?
Aspek yang perlu diperhatikan pada bayi yang baru lahir, antara lain apakah bayi lahir cukup bulan, bagaimana kekuatan otot bayi, dan apakah bayi menangis dan sanggup bernapas dikala dilahirkan. Apabila bayi tidak memenuhi aspek tersebut, maka bayi mungkin perlu menerima resusitasi.

Langkah Resusitasi pada Bayi Baru Lahir
Biasanya dikala bayi baru dilahirkan dokter dan tim medis akan mengeringkan tubuh bayi dan menyelimutinya, menjaga suhu supaya konsisten hangat dan menempatkan bayi pada posisi yang benar. Kemudian, memberikan aliran oksigen terhadap bayi dengan kadar yang pantas dengan situasi bayi baru lahir, sambil mengerjakan amati atau pemantauan pada bayi yang baru lahir.

Apabila dikala amati, bayi dicurigai mengalami gangguan atau henti nafas dampak tersedak, maka dokter akan berusaha untuk mengatasinya dengan membersihkan hambatan jalan nafas bayi. Dalam situasi seperti ini, langkah pertama yang dilaksanakan dokter adalah memeriksa komponen dalam mulut dan hidung bayi. Apabila ditemukan benda atau cairan (misalnya cairan ketuban) yang menyumbat saluran pernafasannya, dokter akan menyedot cairan tersebut dari mulut si bayi. Kemudian mengerjakan penanganan resusitasi yang dibutuhkan.

Resusitasi bayi baru lahir umumnya hanya dilaksanakan dokter dan kekuatan medis yang berpengalaman. Meski demikian, ayah dan ibu juga bisa mempelajari sebagian besar teknik-teknik dasar resusitasi bayi. Sebab, pemahaman tentang teknik resusitasi yang benar betul-betul dibutuhkan pada situasi darurat, dan betul-betul bermanfaat sebagai langkah pertolongan pertama untuk menyelamatkan nyawa.

No comments:

Post a Comment

Memahami Sistem Rangka Manusia

Cara rangka manusia yakni rangkaian tulang yang memberikan manusia bentuk, struktur, gerak, dan perlindungan. Rangka juga berfungsi seba...